Penajaman Aksi PPK Tahun 2013

Bappenas, 11-25 Februari 2013. Dasar alasan kegiatan ini adalah adanya kebutuhan untuk melakukan penajaman terhadap Aksi PPK tahun 2013 agar ukuran keberhasilan triwulanan menjadi jelas dan terukur. Kegiatan Penajaman Aksi PPK 2013 melibatkan UKP4, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian/Lembaga penanggung jawab aksi.

Penajaman dimaksudkan untuk mencapai kesepakatan mengenai :

  1. Apakah ukuran keberhasilan dari aksi PPK Tahun 2013 memenuhi kriteria SMART dan data dukungnya mudah didefinisikan?
  2. Bagaimana bisnis proses dari aksi tersebut dilaksanakan?
  3. Apakah ukuran keberhasilan pertriwulan, menunjukkan proses untuk menuju target akhir (B12)? dan;
  4. Apakah aksi yang ditetapkan memiliki dampak positif terhadap capaian Stranas PPK secara keseluruhan?

Hasil penajaman yangdilakukan selama 3 (tiga hari ini kemudian dituangkan ke dalam dokumen yang memuat kesepakatan antara Bappenas dengan Kementerian/Lembaga penanggung jawab aksiPPK Tahun 2013 dengan ukuran keberhasilan per-triwulan dan data dukungnya.

Dokumen kesepakatan ini dijadikan dasar mem-verifikasi laporan Kementerian/Lembaga setiap triwulan (B03, B06, B09, B12). Sementara untuk Aksi PPK Pemerintah Daerah dokumen kesepakatan ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri dan Kepala Daerah.

Pasca penandatanganan dokumen tersebut, Kementerian/Lembaga meng-input isi dari dokumen ke dalam sistem pemantauan secara online dan paperless. Sistem pemantauan ini berada di bawah kendali UKP4. Bersama-sama, antara Bappenas Dengan UKP4, akan melakukan pemantauan dan evaluasi Aksi PPK 2013 secara bersama dan berkala, dan melaporkan kepada Presiden atas capaian yang diperoleh pelaksana Aksi PPK 2013.