Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi

Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari S Sos MM, membuka secara langsung Acara Sosialisasi Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor I Tahun 2013 Tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kukar, bertempat di Aula Bappeda Tenggarong, Rabu, (11/9).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2012 mengenai Strategi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (Stranas PPK) Jangka Panjang 2012-2025 dan Jangka Menengah 2012-2014 serta Instruksi Presiden RI Nomor I Tahun 2013 Tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, yang bertujuan mensosialisasikan kebijakan pemberantasan korupsi di Kukar, menginformasikan mengenai pentingnya upaya percepatan pencegahan dan pemberantasan korupsi khususnya strategi pencegahan juga hal-hal yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kab Kukar, melaksanakan Renaksi PPK di Kukar sesuai dengan surat edaran dari Kementrian Dalam Negeri RI Nomor 356/5152/SJ tentang Penyusunan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Pemerintah Daerah Tahun 2013, Surat Gubernur Nomor 700/493/Itprov/2013 tanggal 06 Pebruari 2013 tentang Penetapan Kab Kukar dan Kota Samarinda sebagai Pilot Project Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Kab/Kota di Kaltim Tahun 2013, serta Nota kesepakatan Gubernur Prov Kaltim dengan Bupati Kukar tanggal 8 Pebruari 2013.

Untuk jumlah pesertanya sendiri kurang lebih berjumlah 200 orang terdiri Ketua/Anggota Komisi I DPRD Kab Kukar, Para Assisten Setkab Kukar, Forum Koordinasi Pemerintah Daerah Kukar Kepala SKPD Sekab Kukar. Adapun sumber dana dari Kegiatan berasal dari Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD) Kab Kukar TA. 2013 melalui Kegiatan Koordinasi Perencanaan RAD-PPK di Bappeda Kukar, dengan menghadirkan Narasumber dari Bappenas/Direktorat Analisa Peraturan Perundang-Undangan, Muhammad Isro SH, dan dari Kementrian Dalam Negeri/Direktorat Jenderal Pembinaan Pembangunan Daerah Drs Zaenal Arifin M Si.